Soal VLSM

17.22 Diposting oleh are_tech


ini dalah salah satu contoh soal untuk penerapan dari VLSM,
sebelum mengerjakan soal VLSM ini saya harap kita sudah dapat menerapkan konsep subneting

untuk mempermudah perhitungan ini saya biasanya menggunakan tabel prfix ini saya berikan contoh tabel yang biasa saya gunakan


----------------------------------------------------|
25 | 26 | 27 | 28 | 29 | 30 | 31 | 32 | adalah prefix
----------------------------------------------------|
128 | 64 | 32 | 16 | 8 | 4 | 2 | 1 | adalah jumlah host
----------------------------------------------------|

pada contoh soal diatas disana ada

jakarta 60 host,
halmahera 32 host,
lampung 25 host,
kuala lumpur 16 host dan,
madura 7 host


nah disini kenapa saya mengurutkan dari atas ke bawah agar memper mudad dalam perhitungan
ok sekarang saatnya kita menghitung host untuk kota yang paling banyak meminta host hemm.. sekarang kita liat ternyata jakarta yang banyak minta host
ok kita lihat dia minta berapa host ternyata 60 nah bagaimana mecarinya ok sekarang kita liat tabel panduanku kita harus mencari host yang lebih besar daripada host yang diminta atau bisa saya bilang host tabel ingat host jangan lebih atau sama dengan karena ntar ga ada buat ip network dan ip broadcast

setelah kita tau prefix brapa yang akan kita comot kita buat prefixnya jadi seperti ini ni

202.169.26.0/26
202.169.26.64/26
202.169.26.128/26 <---- ini bisa untuk halmahera
202.169.26.192/26 <---- ini bisa untuk jakarta


kenapa halmahera disitu dimasukin nah ini pointnya karena request dari halmahera adalah 32 jadi halmahera harus masuk ke prefix 26, karena seperti yang awal saya sebutkan tadi kalau sama dengan atau kurang nanti ga ada ip buat ip network dan ip broadcast

yah setidaknya lebih baik lebih daripada kurang kan, ok sekarang kita kembali ke soal
nah dengan begitu berarti ada 2 ip lagi yang tersisa yaitu

202.169.26.0/26
202.169.26.64/26

nah sekarang kita pecah lagi ini IP
saya menyarankan kalo perhitungan seperti ini diharapkan kepada temen temen untuk menghitungnya dari bawah dulu sehingga tar dapat lebih mempermudah di dalam proses perhitungan
nah kita lihat lagi mana host yang minta paling banyak ternyata lampung ok kita pecah ip yang

202.169.26.64

awalnya prefix 27 nah kita lihat lagi tabel keberuntuknganku untuk host 25 kira kira prefix yang mana yang cucok dipakai ternyata prefix 28 karena memiliki range 32 host ok mari kita aplikasikan ke ip itu
jadinya begini nih

202.169.26.64/28 <--- untuk kuala lumpur
202.169.26.96/27 <--- untuk lampung

ingat stop sampai disini karena ip 202.169.26.128 sudah ada diatas jadi tidak bisa kita gunakan oc


nah lo kenapa itu kuala lumpur kok bisa ada disitu? ia kuala lumpur memiliki host 16 dan prefix yang tepat untuk kuala lumpur adalah 28 makanya dimasukkan disitu

nah karena ip itu sudah habis berarti masih ada 1 ip lagi yang tersisa yaitu 202.169.26.0 nah sekarang kita lihat lagi berapa host yang paling besar ternyata tinggal madura saja yang membutuhkan hanya 7 host
nah disini awal mula saya bingung dengan dosen angkanya 7 ganjil kenapa saya bilang ganjil ia apabila untuk dimasukkan prefix 30 maka untuk ip broadcast sama ip network tidak ada. bingung?? saya juga!! hehehe

gini kita analogikan aja angka 2 itu maya dan angka 2 itu ditambahkan ke 7 jadi 7+2=9
nah untuk host 9 kita lihat prefix brapa yang pas untuk host tersebut ternyata prefx 29 maka jadinya seperti ini nih

202.169.26.0/28
202.169.26.16/28
202.169.26.32/28
202.169.26.48/28 <--- untuk madura
ingat stop sampai disini karena ip 202.169.26.64 sudah ada diatas jadi tidak bisa kita gunakan oc

nah setelah selesai sampai disini kita perlu menghitung ip untuk router kenapa saya lakukan belakngan karena untuk mempermudah dalam perhitungan sebelumnya
kita melakukan perhitungan ini dari prefix kecil sampai prefix besar
nah untuk melakukan perhitungan ip router kita menggunakan prefix 30 kenapa? karena host yang dibutuhkan untuk router adalah 2

nah kita ambil aja ip dari yang blom pernah dipakai
202.169.26.0/30 <--- untuk router pertama
202.169.26.4/30 <--- untuk router kedua
202.169.26.8/30 <--- untuk router ke tiga
202.169.26.12/30<--- untuk router keempat

ingat jaringan yang digambar itu memiliki 4 kabel router yang saling menyambungkan singkatnya ujung setiap ujung kbel kita beri 1 ip jadi disana ada 4 subnet yang kita butuhkan

untuk membuktikan kebenaran dari perhitungan ini silahkan menggunakan VLSM calkulator pasti hasilnya beda heheh
kenapa karena kalkulator melakukan perhitungan ini dari yang paling kecil ke yang paling besar sedangkan saya melakukan perhitungan ini dengan yang paling besar dahulu lalu ke yang paling kecil.
apabila ada kesalahan tentang perhitungan ini mohon arahannya terima kasih

2 komentar:

  1. aditxx mengatakan...

    ri bagi2 ilmu klo gw slah maklum msh belajar jg..


    gw rasa alamat vlsm lw blm bner dah

    contoh di jakarta lw ksh /27 sedangkan host yang ada di jakarta ja 60 host klo /27 itu cuma 30 host 2 lg buat net ama broadcastt harusnya lw ksh /26 coz dia 64 jadi host yang tersdia 62 host


    satu lagi klo mau vlsm atau cidr cari dlu dari router yang jumlah hostnya paling gede ke paling kecil


    contoh jawaban gw
    http://img120.imageshack.us/img120/6625/quis.jpg

  2. are_tech mengatakan...

    Thx dit udah dirubah ada kesalahan waktu aku buat tabel