Kejahatan Komputer

02.33 Diposting oleh are_tech

siang ini di kampus dosenku ga masuk, melainkan assisten PSK yang masuk dan ternyata hari ini quiiizzzz

hadu hadu...
salah satu soal yang paling aku gemari adalah sebutkan kejahatan kejahatan komputer

wow ne soal aku inget waktu dulu pak andri ngajarin aku tentang cyber crime beberapa yang aku ingat adalah

HACKING
Hacking adalah kegiatan menerobos program komputer milik orang/pihak lain. Hacker adalah orang yang gemar mengobrak abrik komputer, mereka keahlian membuat dan membaca program tertentu, dan terobsesi mengamati keamanan (security)-nya. Hacker memiliki wajah ganda. namun di sebuah film yang lupa judulnya heheheh.. hacker di defenisikan baik karena hacker hanya menerobos masuk dan tidak mengoprek melainkan memberitahukan kepada admin bahwa ada security hole di dalamnya

CRACKING
yang satu ini baru jahat banget dan memberikan pekerjaan baru dikalangan para admin untuk lebih mengamankan sistemnya
untuk defenisi umumnya adalah hacking untuk tujuan jahat. Sebutan untuk cracker adalah hacker bertopi hitam (black hat hacker). Berbeda dengan carder yang hanya mengintip kartu kredit, cracker mengintip simpanan para nasabah di berbagai bank atau pusat data sensitif lainnya untuk keuntungan diri sendiri.

Meski sama-sama menerobos keamanan komputer orang lain, hacker lebih fokus pada prosesnya. Sedangkan cracker lebih fokus untuk menikmati hasilnya.


PHISING
Phising adalah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface. Phising biasanya diarahkan kepada pengguna online banking. Isian data pemakai dan password yang vital yang telah dikirim akhirnya akan menjadi milik penjahat tersebut dan digunakan untuk belanja dengan kartu kredit atau uang rekening milik korbannya.


SPAMMING

Spamming adalah pengiriman berita atau iklan lewat surat elektronik (e-mail) yang tak dikehendaki. Spam sering disebut juga sebagai bulk email atau junk e-mail alias “sampah”. Meski demikian, banyak yang terkena dan menjadi korbannya. Yang paling banyak adalah pengiriman e-mail dapat hadiah, lotere, atau orang yang mengaku punya rekening di bank di Afrika atau Timur Tengah, minta bantuan netters untuk mencairkan, dengan janji bagi hasil.


MALWARE

Malware adalah program komputer yang mencari kelemahan dari suatu software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating system. Malware terdiri dari berbagai macam, yaitu: virus, worm, trojan horse, adware, browser hijacker, dll. Di pasaran alat-alat komputer dan toko perangkat lunak (software) memang telah tersedia antispam dan anti virus, dan anti malware.

huff..
akhirnya semua soal quiz terjawab sudah

0 komentar: